Jumat, 15 April 2011

sedikit tentang pengantar pemasaran

Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. definisi pemasaran ini bersandar pada kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). 
5 principles of marketing 
- focus terhadap konsumen
- harus mengetahui target market
- menggunakan 4p
-pemantauan pemasaran dan membuat penyesuaian
3D dari para pesaing
-Produk unggulan
-Operasi yang efisien
- Customer intimacy 


SEGMENTATION -->> TARGETING -->> POSITIONING 

menurut philip kotler, pemasaran di definisikan sbb:
Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain

Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
Seorang pemasar memulai sesuatu dengan mengalisa keinginan dan kebutuhan manusia. Manusia memiliki akan kebutuhan makanan, minuman, pakaian, dan lain lain untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan ini ada dengan sendirinya sejak manusian terlahir. tidak diciptakan oleh pemasar ataupun dibentuk oleh lingkungan. oleh karena itu kebutuhan adalah keadaan merasa tidak memerlukan kepuasan dasar.

Keinginan adalah hasrat atau pemuas dari suatu kebutuhan itu. keinginan manusia tidak sama tergantung tempat, kondisi dan budaya yang membentuknya.

permintaan adalah keinginan suatu produk yang di dukung oleh kemampuan dan kesediaan beli. keinginan akan menjadi permintaan jika didukung oleh kemampuan beli.

Produk
manusia memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan barang dan jasa, keduanya disebut produk. sesuatu yang ditawarkan untuk memenuhi suatu kebutuhannya.











9 komentar:

irna shahbanu
15 April 2011 pukul 19.58

yang penting menjaga agar customer tetap loyal dan low complain sama hasil yang dipasarkan

fitrahku
15 April 2011 pukul 20.29

duuh,,kurang nih contohnya. gk ngerti

This is Aniqoh's world
16 April 2011 pukul 04.33

@irna : iya pastinya ka..
@fitrahku : oke, contohnya di artikel kedua

Husna Hanifah
16 April 2011 pukul 05.13

wooow, u re talking about marketing, jadi inget mata kuliah pengantar bisnis, emang bener sih, secara garis besar, marketing yaa g jauh2 dari SEGMENTATION -->> TARGETING -->> POSITIONING , nice post sista.. :)

This is Aniqoh's world
16 April 2011 pukul 05.35

@lutfiah: thanks sistaaa ;)

Getir Syimponi
16 April 2011 pukul 06.18

itu adalah essay saat kita siap untuk pemasaran. tapi ada satu hal yang paling URGENT, harus mempunyai modal...
ckckckck

This is Aniqoh's world
16 April 2011 pukul 18.12

@next: hahaha, yg harus diperhatikan 4p+ 3p :D

Ridho Nurfajar
16 April 2011 pukul 21.06

iye gua masih kurang ngarti nih contohnya

This is Aniqoh's world
17 April 2011 pukul 02.51

@ridho: oke ridho.. gue ntar kasih contohnya yah

Posting Komentar